Perpustakaan Induk Umuslim Upgrade Aplikasi Perpustakaan

Menghadapi era kompetisi informasi sejalan dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT), dunia perpustakaan dihadapkan kepada situasi untuk selalu berbenah ke arah yang lebih baik dan up to date. Untuk menyikapi hal tersebut UPT Perpustakaan Universitas Almuslim yang didukung para staf dan Tim IT di bawah bimbingan kepala UPT Perpustakaan dan dengan dukungan penuh dari Rektor Universitas Almuslim Bpk. DR. Amiruddin Idris, SE, M.Si. telah menyelenggarakan sistem perpustakaan digital dan dapat diakses secara online melalui situs http://opac.umuslim.ac.id/ sejak tanggal 1 September 2014. Dimana melalaui situs tersebut kita dapat mengakses semua data dan informasi yang ada seperti Catalog Online (OPAC), data anggota, statistik, area pengunjung maupun informasi tentang perpustakaan lainnya.

Sebagaimana yang tertuang dalam Visi-Misi Universitas, bahwa Universitas Almuslim mempunyai suatu  rencana strategis untuk menjadikan Universitas Almuslim sebuah lembaga Pendidikan Tinggi yang Unggul, Professional dan Islami  dalam menghasilkan sumber daya yang berkualitas tinggi dalam setiap aspek ilmu pengetahuan teknologi. UPT Perpustakaan sebagai lembaga pengelola informasi di lingkungan Universitas Almuslim, mempunyai posisi yang strategis dalam mendukung terwujudnya visi-misi Universitas tersebut melalui penyediaan bahan pustaka dan informasi, untuk kemudian menyebarkan informasi secara tepat dan cepat yang dapat diakses oleh semua kalangan baik internal Universitasdan ekternal yaitu masyarakat luar universitas maupun dalam lingkup global melalui penyelenggaraan situs perpustakaan Online.

Dengan melihat hal tersebut diatas  UPT Perpustakaan Universitas Almuslim berupaya menjadi sebuah lembaga yang mampu melayani kebutuhan informasi seluruh civitas akademika  dan seluruh stakeholder lainnya di lingkungan Univesitas Almuslim. Dalam rangka mengupayakan terwujudnya maksud tersebut maka UPT Perpustakaan Universitas Almuslim terhitung 1 September 2014 telah melakukan Launching Situs Perputskaan Online http://library.umuslim.ac.id/

Sistem atau perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan penyediaan Perpustakaan Online pada UPT Perpustakaan Universitas Almuslim adalah perangkat lunak Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Dikti . Sistem ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

Dengan adanya sistem perpustakaan Online diharapkan seluruh civitas akademik baik itu mahasiwa, staff dan dosen maupun stakeholder lainnya dalam lingkup Universitas Almuslim akan semakin tertarik menggunakan dan mengunjungi Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. Dengan demikian perpustakaan menjadi jantungnya universitas (the heart of university) dalam menyediakan informasi yang seluas-luasnya secara professional, efektif, efisien dan tepat guna bagi segenap civitas akademika Universitas Almuslim. (al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *